TIPS MEMADUKAN WARNA PAKAIAN SIMPLE KEKINIAN

TIPS MEMADUKAN WARNA PAKAIAN SIMPLE KEKINIAN

Selain memberikan keindahan, warna juga berkaitan dengan psikologi seseorang. Warna dapat memengaruhi mental dan suasana hati seseorang, bahkan warna bisa menjadi ciri khas seseorang. Kita bahkan dapat mengetahui karakter seseorang dari cara dia berpakaian dengan warna yang kerap ditampilkan.

Ada beragam warna, namun warna itu sendiri dikelompokkan menjadi 4 kategori yaitu primer, sekunder, tersier, dan netral.

  • Warna primer yaitu warna dasar seperti merah, kuning, biru.
  • Warna sekunder adalah warna yang terjadi dari percampuran warna primer dengan perbandingan yang sama yaitu orange, hijau, dan ungu.
  • Warna tersier adalah percampuran dari warna sekunder dan satu warna primer. Warna tersier diantaranya jingga/coklat kekuningan/coklat kemerahan. Istilah “warna tersier” pada awalnya dicetuskan merujuk pada warna-warna “netral”; yang dibuat dengan mencampur tiga warna primer dalam sebuah ruang warna.
  • Warna netral adalah warna dari percampuran ketiga warna primer, sekunder dan tersier. Ini akan menghasilkan warna putih atau kelabu, hitam, dan coklat.

Dalam melakukan perpaduan warna, khususnya pada pakaian kita perlu mempertimbangkan pemilihan warna yang tepat. Karena tanpa disadari warna pun bisa mempengaruhi persepsi orang saat melihatnya.

Dalam proses pemilihan warna pakaian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya;

  • Ketahui warna yang sedang tren

Seperti  yang kita tahu bahwa tren warna setiap tahunnya selalu berganti. Apabila kamu ingin tampil lebih kekinian dan modis dengan menggunakan warna yang sedang ngetren, tidak ada salahnya jika mencari tahu terlebih dahulu warna apa yang sedang tren saat ini. Kamu bisa mencari tahu mengenai warna yang direkomendasikan oleh pantone tahun ini.

  • Memahami psikologi warna

Setiap warna dapat memberikan pengaruh emosional yang berbeda. Warna pakaian terbukti dapat mempengaruhi suasana hati yang menggunakannya maupun yang melihatnya,sehingga dapat memengaruhi kepercayaandiri. Seperti warna pakain hijau yang dipercaya bagus untuk bernegosiasi. Warna abu-abu saat ini sering dikaitkan dengan profesionalitas, stabil, stylist, canggih, simple, minimalis, dan modern sehingga bagus untuk dijadikan sebagai seragam kerja. Maka dari jangan asal-asalan dalam pemilihan warna.

  • Hindari penggunaan banyak warna

Pada dasarnya, mencocokkan warna adalah bagaimana membuat perpaduan warna terasa nyaman dipandang mata. Kombinasi tentu tak boleh melibatkan terlalu banyak warna, karena secara psikologis, melihat terlalu banyak warna ternyata kurang enak dipandang.

Itulah penjelasan mengenai pentingnya pemilihan warna pakaian, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Towa Help
Send via WhatsApp