Sejarah Kaos Bandung

TOWA kaos kerah terbang

Menurut dokumen sejarah, sejarah kaos mengambil asal mereka dari laut. Dan tepatnya, di Angkatan Laut Amerika Serikat. Meskipun ada sejarawan yang memegang versi yang berbeda dari apa yang para pelaut dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris katakan mengenakan buat baju kaos di bawah seragam selama Perang Dunia Pertama. Ada juga sumber lain mengatakan bahwa kita sedang membicarakan tentang tentara Perancis. Tentara Amerika menyukai kemeja katun yang nyaman dan sangat ringan daripada seragam wol standar tentara Amerika.

Berkomunikasi dengan laut

Kapan kaos pertama dibuat ? Pada poin ini ada beberapa pendapat, tapi tanggal resmi kelahiran kaos yang terkenal di dunia adalah tahun 1913. Ini pertama kali dibuat untuk kebutuhan tentara dari armada Amerika, karena kaos ini tidak membelenggu gerakan dan juga lebih cepat kering. Sudah dalam 20 tahun kaos telah menjadi resmi diakui dalam istilah American Dictionary dari Bahasa Inggris (kaos dalam bahasa Inggris adalah T-shirt). Sudah di akhir 1930-an, beberapa retailer besar AS seperti Hanes, Roebuck & Co T-shirt yang menjual kaos secara penuh.

Selama Perang Dunia Kedua dan Angkatan Laut dan Angkatan Darat AS kaos yang dikenakan sebagai pakaian. Namun, pada 1940-an kaos mendapat hidup baru dengan kembalinya tentara Amerika di rumah.

Dalam koleksi Museum Smithsonian adalah kaos yang tertua dengan cetak pada dada. Kaos ini dibuat pada tahun 1948 oleh pemesan dari kampanye New York untuk calon presiden Thomas Dewey.

Hollywood

Selain itu, Hollywood telah memiliki dampak terbesar pada kaos klasik dengan item ikonik seperti seperti kaos yang dipakai oleh Marlon Brando dalam film ‘Streetcar’ pada tahun 1951, tahun rilis dan tak terlupakan dengan kaos berwarna putih oleh James Dean di ‘Rebel Without a Cause’ di tahun 1955. Tahun yang telah membuat konveksi kaos bandung menjadi simbol pemberontakan dan pada saat yang sama dengan cara yang baru. Elvis Presley dan bintang lainnya yang mengenakan kaos hanya menambahkan kaos ke popularitas elemen pada lemari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *