PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL 2021, BERIKUT PERAN PENTING TENAGA MEDIS DALAM PENANGANAN COVID-19

PERINGATI HARI KESEHATAN NASIONAL 2021, BERIKUT PERAN PENTING TENAGA MEDIS DALAM PENANGANAN COVID-19

MANTRA SUKABUMI – Pada peringatan surgiuHari Kesehatan Nasional 12 November 2021, tenaga medis memiliki peranan penting untuk masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Di era pandemi Covid-19 dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional 2021 peran tenaga medis sangatlah dibutuhkan. Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional 2021, tenaga medis memiliki peranan penting dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber pada Kamis, 11 November 2021 berikut adalah peran penting tenaga medis dalam penanganan Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam menyebabkan perubahan di berbagai aspek kehidupan, terutama sangat berpengaruh signifikan di aspek kesehatan masyarakat.

Sehingga, pelaksanaan program-program bidang kesehatan kini terfokus pada penanganan Covid-19.

Peran perawat perlu kita apresiasi, terutama di masa pandemi, karena merekalah yang berinteraksi langsung dengan pasien di garis depan.

Totalitas perawat dalam menjalankan tugas penuh risiko di tengah pandemi merupakan salah satu kekuatan utama menanggulangi Covid-19 di Indonesia.

Tenaga Keperawatan merupakan salah satu tenaga Kesehatan yang memegang peranan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan merupakan tulang punggung di fasilitas pelayanan karena jumlahnya lebih banyak dibandingkan tenaga kesehatan lain.

Perawat memiliki peran sebagai caregiver yang merupakan peran utama dimana perawat akan terlibat aktif selama 24 jam dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien.

Selain itu, perawat juga berperan sebagai edukator yang bertugas memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien yang menjalani isolasi, keluarga, dan masyarakat umum.

Seluruh perawat pada masa pandemi yang melakukan perawatan pada pasien Covid-19 maupun Non Covid-19 telah mengorbankan kepentingan pribadi dan keluarga.

Perawat telah mengorbankan keselamatan dan menghadapi ancaman tertular virus yang bisa berakhir pada kematian.

Sebagai bagian dari garda terdepan dalam menangani kasus Covid-19, tidak sedikit yang mengalami kelelahan baik secara fisik dan juga secara mental.

Tingginya beban kerja dalam menangani kasus Covid-19 serta penggunaan alat pelindung diri (APD) level 3 sangat berpengaruh terhadap menurunnya imunitas tubuh, sehingga risiko tertular virus semakin meningkat.

Peran tenaga medis di mata masyarakat dan dunia sangatlah penting.

Tenaga medis memiliki peran sebagai garda terdepan dalam pertarungan melawan pandemi ini. Selain itu, tenaga medis juga berperan dalam:

  1. Mengedukasi

Tenaga medis berperan dalam mengedukasi pasien, keluarga pasien, dan masyarakat sekitar mengenai corona virus agar mereka tidak mendapat informasi yang salah dan dapat berpikir untuk mengambil keputusan yang tepat ditengah pandemi.

  1. Menenangkan pasien

Tenaga medis juga berperan dalam menenangkan pasien, karena saat pasien takut dan gelisah, maka hal itu akan memperburuk kondisi mereka.

  1. Membantu pemulihan pasien

Selain itu, tenaga medis juga berperan membantu pemulihan pasien agar daya tahan tubuh pasien membaik, maka tenaga medis wajib mengabdikan dirinya dalam bidang kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com dengan judul “Peringati Hari Kesehatan Nasional 2021, Berikut Peran Penting Tenaga Medis Dalam Penanganan Covid-19”, Klik untuk baca: https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-202993632/peringati-hari-kesehatan-nasional-2021-berikut-peran-penting-tenaga-medis-dalam-penanganan-covid-19?page=3

Penulis : Rina Karlina

Editor : Encep Faiz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *