MENGENAL PROGRAM CHSE PADA SEKTOR PARIWISATA INDONESIA

MENGENAL PROGRAM CHSE PADA SEKTOR PARIWISATA INDONESIA

Menjelang libur akhir tahun tentunya  kamu sudah mempunyai rencana untuk berlibur ke tempat wisata impian kan? Hanaya saja, mungkin liburan tahun ini ada perbedaan dengan liburan tahun sebelumnya. Ditengah pandemi seperti saat ini kita memang dituntut untuk melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Walaupun sudah diberlakukan new normal tetapi kita harus tetap disiplin dalam melakukan 3M & 3T.

Apabila sudah mempunyai planning untuk traveling, sebaiknya kamu mencari tempat wisata yang aman untuk dikunjungi dan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, rajin cuci tangan dan memakai hand sanitizer.

Sekarang ini hampir setiap wisata menerapkan program CHSE. Program ini dijadikan pedoman penting supaya para wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata dengan aman dan nyaman. Program ini merupakan penerapan pariwisata berbasis cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE). Dengan adanya CHSE ini memberikan jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Dilansir dalam halaman website chse kemenparekraf, Program CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) atau Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata.

Mengapa Sertifikat CHSE sektor pariwisata diperlukan?

Sertifikasi CHSE berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan; Sertifikat CHSE diberikan kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait, lingkungan masyarakat, dan destinasi pariwisata.

CHSE dibuat berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Tujuan CHSE adalah untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian covid-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya episenter atau klaster baru selama masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *