Mengarahkan Anak Ketika Memilih Baju Dengan Pakaian Positif

Polo Shirt Prasekolah Putik Durensawit2
Bunda , ketika anak ingin memilih bajunya sendiri sebaiknya kita biarkan saja bunda biarkan dia memakai pakaian yang dia suka nah disini peran bunda untuk mengarahkannya ketika pilihan anak tidak sesuai dengan usianya.

Bunda bisa memberikan beberapa pilihan si kecil konveksi baju kaos pakaian yang akan dipakainya. Jika si kecil telah menyukai apa yang dipilihnya entah karna dia suka dengan warnanya ataupun gambar yang terdapat dalam bajunya, maka secara otomatis dia nyaman dan percaya diri dalam mengenakan pakaiannnya.

Maka dari itu Bunda jangan marah yaah ketika pilihan anak tidak sesuai dengan baju pilihan bunda, karena ternyata Memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih bajunya sendiri banyak manfaat positif loh.

Nah Ini Dia Manfaat Positif Memberiakan Kebebasan Memilih Baju kaos Pada Anak :

1. Dapat Menunjukkan Karakter Si Kecil , dan Dapat bebas Mengekspresikan dirinya.

Anak-anak terlahir dengan karakter yang berbeda-beda dan setiap anak memiliki karakter yang unik . Tidak semua anak kita memiliki karakter dan selera yang sama dengan orang tuanya. Jika Si kecil ingin memilih bajunya sendiri itu sesuatu hal yang positif biarkan dia ber-ekspresi tentang hal yang dia suka.

Tentunya kita harus membelikan mereka baju yang sesuai dengan umurnya dan memberikan pakaian terbaik untuknya. Jadi ketika dia memilih, bunda tak usah khawatir karna pakaiannya sudah cocok untuk si kecil. Mereka akan berani mengekpresikan diri sesuai dengan karakternya. Aanak yang memilih bajunya sendiri dan menentukan pilihannya akan memiliki rasa Percaya diri yang tinggi .

2. Mengembangkan Potensi Diri

Terimalah apadanya buah hati bunda, jangan terlalu memaksakan kehendak dan pilihan bunda yaah . Termasuk memilih pakaian yang dia kenakan. Bebaskan Pilihannya dengan pengawasan kita , memberikan dia memilih pilhannya sendiri ini akan memunculkan kreatifitas yang ada dalam dirinya. dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan dirinya sendiri.

Dengan memberika keleluasan mereka dalam memilih baju sudah membantu anak dalam hal memutuskan pilihannya sendiri dan yang terbaik untuk dirinya. Hal ini sangat Berguna untuk saat dewasanya kelak .

3. Belajar Untuk memberi Pendapat dan bernegosiasi

Disaat anak kita bebaskan untuk memilih bajunya sendiri , anak juga harus belajar bernegosiasi . Ketika bunda memberikan pilihan bajunya untuknya, dan dia menolak , coba tanyakan alas an Si Kecil tidak mau memakai bajunya . Kalau alasannya relevan contohnya karna anak tidak suka warna atau gambarnya , biarkan bunda mengizinkan anak pakai baju yang dia pilih. Bunda juga harus aktif memberikan solusi atau pengertian ketika pilihan mereka tidak sesuai dengan umurnya dan berikan saran atas pilihan bajunya . Ini dapat menumbuhkan dan mengasah kemampuan anak aktif berkomunikasi dan bernegosiasi. Kemampuan ini harus ditumbuhkan sejak dini agar kelak nanti dia berani untuk berpendapat sendiri.

4. Menjadi Lebih Mandiri

Nah dengan memilih pakaiannya sendiri dapat melatih anak agar bisa mandiri . Ketika berpakaian dia tidak akan tergantung dan menunggu kedua orang tuanya membawa ataupun memakai bajunya. Bahkan dia akan lebih kreatif dengan memadu padankan model ataupun warnanya . Mereka akan senang dan bahkan belajar memakai bajunya sendiri. Disinilah anak akan melatih kemandiriannta tanpa tergantung bantuan orang tuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *