MASKER 2PLY COCOK DI PAKAI UNTUK MENEMANI AKTIVITASMU

towa-konveksi-APD-Hazmat-spunbond
KETAHUI KELEBIHAN BAHAN SPUNBOND YANG DIGUNAKAN SEBAGAI APD HAZMAT SUIT
April 3, 2020
towa konveksi bandung produksi hazmat suit
PSBB MULAI DI BERLAKUKAN SEBAGIAN DAERAH INDONESIA
April 14, 2020

MASKER 2PLY COCOK DI PAKAI UNTUK MENEMANI AKTIVITASMU

masker 2ply murah - towa konveksi

Di tengan pandemi corona, pemerintah sudah memberikan arahan untuk Work From Home (WFH) tetapi pada kenyataanya masih banyak orang yang beraktivitas di luar karena berbagai alasan. Maka dari itu sebagai antisipasi ada beberapa tips untuk mencegah corona bagi yang masih beraktivitas di luar ruangan diantaranya memakai masker, menggunakan hand sanitizer dan sering-sering menjaga kebersihan.

Masker saat ini menjadi alat pelindung diri (APD) yang paling penting di tengah wabah virus corona Covid-19. Ada beberapa macam jenis yang di pakai untuk menghadapi wabah virus ini, karena masker mempunyai jenis yang berbeda pada situasi yang berbeda. Sedangkan masker yang cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari bagi orang yang sehat diantaranya yaitu masker kain dan masker 2ply.

Terlebih badan kesehatan dunia World Healt Organization (WHO) sudah memberikan himbauan pada masyarakat wajib menggunakan masker saat beraktivitas.

Berikut merupakan tipe dan klasifikasi masker yang perlu diketahui oleh masyarkat umum berdasarkan panduan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Masker kain dapat digunakan untuk mencegah penularan sekaligus mengantisipasi kelangkaan masker yang terjadi di pasar seperto apotek dan toko-toko kesehatan. Masker kain yang dibuat perlu memiliki 3 (tiga) lapisan yaitu lapisan non-anyaman tahan air (depan), microfibre melt-blown kain non-anyaman (tengah), dan kain biasa non-tenunan (belakang). 

Masker kain perlu dicuci dan dapat dipakai berkali-kali. Bahan yang digunakan untuk masker kain berupa bahan kain katun, scarf, dan sebagainya.

Bagi masyarakat umum dalam keadaan sehat, Masker jenis ini bisa digunakan ketika berada di tempat umum dan fasilitas lainnya dengan tetap menjaga jarak aman yakni 1-2 meter. Namun, jika masyarakat memiliki kegiatan yang tergolong berbahaya (misalnya, penanganan jenazah Covid-19, dan sebagainya) maka tidak disarankan menggunakan masker kain tapi harus menggunakan masker jenis lain dan APD pendukung.

Masker bedah 2 Ply atau urgical Mask 2 Ply ini, hanya terdiri dari 2 lapisan (layers) yaitu lapisan luar dan lapisan dalam tanpa lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter.

Karena tidak memiliki lapisan filter pada bagian tengah diantara lapisan luar kedap air dan dalam yang langsung kontak dengan kulit, maka tipe masker ini kurang efektif untuk menyaring droplet atau percikan yang keluar dari mulut dan hidung pemakai ketika batuk atau bersin. 

Dengan begitu, masker jenis ini hanya direkomendasikan untuk pemakaian masyarakat sehari-hari yang tidak menunjukan gejala-gejala flu atau influenza yang disertai dengan batuk, bersin-bersin, hidung berair, demam, nyeri tenggorokan. Karena mudah tembus jensi masker ini tidak direkomendasikan untuk dipakai oleh tenaga medis di fasilitas layanan kesehatan, apalagi mengani pasien yang terpapar virus corona Covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *