MAKNA LOGO PROMOSI PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA DAN PESONA INDONESIA

MAKNA LOGO PROMOSI PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA DAN PESONA INDONESIA

Kita tentunya familiar dengan wonderful Indonesia, logo brand dan slogan yang lekat dengan dunia pariwisata Indonesia ini mudah kita jumpai pada berbagai media seperti gambar-gambar destinasi wisata Indonesia, merchandise baju kaos, digital screen atau baliho, televisi hingga kendaraan transportasi, dll. Walaupun sudah banyak berteberan di berbagai media, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui makna yang terkandung dalam logo Wonderful Indonesia.

Selain meluncurkan logo brand Wonderful Indonesia, ada juga logo Pesona Indonesia. Keduanya bertujuan sama untuk mempromosikan pariwisata Indonesia hanya saja dalam penggunaannya berbeda. Jika logo Wonderful Indonesia ditujukan untuk promosi internasional, sementara logo Pesona Indonesia untuk promosi dalam negeri.

Faktanya logo wonderful indonesia sudah mengalami beberapa kali perombakan khusunya pada warna logo, dan posisinya pun berubah. Perubahan yang paling mencolok yaitu pada warna jika sebelumnya pada warna sayap burung di bagian kiri atas berwarna hijau yang terbaru menggunakan warna jingga. Untuk logo terbaru terdiri dari 5 warna cerah membuatnya terkesan lebih unik, dinamis sehingga membawa perasaan ceria saat melihatnya. Logo Wonderful Indonesia yang terbaru ini setidaknya sudah dipakai sejak 2017.

Dalam buku Pedoman Aplikasi Brand & Design yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata diterangkan makna Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Kata “Wonderful” atau “Pesona” mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala aspek manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan.

Konsep dari logo wonderful Indonesisa Burung yang suka berkelompok melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung juga satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan menjadi lambang bangsa. Rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintas batas. Sifatnya semesta, dikenali oleh semua.Tulisan “Indonesia” berwarna hitam yang lebih besar daripada “Wonderful” atau “Pesona” mengedepankan dan memperkuat Indonesia diantara persaingan pariwisata internasional. Lambang burung memiliki bulu dalam lima warna yang berbeda maknanya.

Warna yang dinamis dalam logo yang menyimbolkan dinamika Indonesia sebagai negara berkembang yang selalu dinamis. Selain makna keseluruhan, setiap warna burung garuda dalam logo ini juga memiliki makna tersendiri.

Lambang burung memiliki bulu dalam lima warna yang berbeda maknanya;

Hijau bermakna kreativitas, ramah kepada alam, dan Keselarasan. Selanjutnya, ungu melambangkan daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin. Jingga bermakna inovasi, semangat pembaruan, dan keterbukaan. Keempat, warna biru yang melambangkan kesemestaan, kedamaian, dan keteguhan. Terakhir, magenta yang bermakna keseimbangan, akal sehat, dan sifat praktis.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait penggunaan logo Wonderful Indonesia untuk  kebutuhan promosi bisa mengunjungi langsung ke website Indonesia Travel. KLIK DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *