KONI JAWA BARAT KOMITMEN DUKUNG PAPUA SUKSESKAN PON XX

KONI JAWA BARAT KOMITMEN DUKUNG PAPUA SUKSESKAN PON XX

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat menyatakan komitmennya untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan iven Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Oktober tahun ini.

KONI Jawa Barat mengaku optimistis terhadap persiapan tuan rumah dalam menyiapkan PON XX di segala bidang yang telah dipaparkan dalam Chef de Mission (CdM) meeting II (kedua), berapa waktu lalu.

Baju Kemeja Baju Seragam Koni Bandung Warna Merah

Perwakilan atau delegasi Jawa Barat, Yunyun Yudiana, selaku Wakil Ketua II KONI Jawa Barat dan Ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Jabar Juara, mengatakan kesiapan Bumi Cenderawasih yang dipaparkan lewat CdM meeting II tersebut diharapkan menjadi indikator kesuksesan penyelenggaraan PON XX.

“Jadi kami berharap dengan pemaparan yang disampaikan dalam CdM meeting II itu menjadi indikator bahwa Papua benar-benar siap untuk PON XX 2021. Karena CdM meeting itu kan menjadi pintu gerbang untuk yang datang yakni rombongan pimpinan KONI dari setiap provinsi, sehingga tahu persis bagaimana persiapan saat ini,” kata Yunyun kepada wartawan di Jayapura, belum lama ini.

Baju Kaos Oblong Baju Seragam Event Olahraga Koni Bandung

“Kami berharap, apa yang disampaikan dalam CdM meeting itu nantinya betul-betul bisa terealisasi, mulai dari sistem kedatangan sampai di arena pertandingan termasuk layanan-layanan lainnya,” tambahnya.

Yunyun juga mengaku terkesan dengan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX. Ia menyatakan komitmen pihaknya yang akan selalu bersama-sama dengan Papua dalam mensukseskan penyelenggaraan PON pertama di Indonesia Timur itu.

“Itu yang betul-betul terkesan bagi kami, khususnya Jawa Barat, karena kita dengan Papua itu sudah lama bersama dari PON 2016. Bahkan slogan Jawa Barat itu, “Jawa Barat bersama Papua Torang Bisa Berjaya Untuk Nusantara.” Itu yang menjadi slogan kita. Jadi apa yang telah disiapkan Papua bisa menjadi sebuah fenomena di mana harga diri adalah segala-galanya. Bidang-bidang itu luar biasa, sesuai dengan SOP multiiven. Mereka sudah siap, jadi mulai dari transportasi, konsumsi, akomodasi, kemudian layanan-layanan lainnya,” ungkapnya.

Kata dia, Papua yang sebenarnya tidak seperti imej yang nampak di televisi. Ia bahkan terkagum-kagum dengan situasi dan kondisi di Bumi Cenderawasih yang kondusif.

“Saya baru pertama kali datang ke Papua, dan kami sudah paham dengan kondisi Papua yang luar biasa saat ini dengan perkembangan perubahannya yang sangat besar. Ini menjadi babak baru untuk kita semua bahwa dari Sabang sampai Merauke betul-betul menjadi kesatuan yang saling bersinergi,” terangnya.

PESPARAWI-Jayapura-Towa-kon-veksi-polo-shirt

Para delegasi yang hadir di CdM meeting II yang merupakan utusan dari seluruh KONI daerah di Indonesia satu suara menyatakan dukungan mereka untuk kesuksesan PON XX yang akan dihelat pada Oktober tahun ini.

Para delegasi mengaku puas dan optimis dengan kesiapan Papua sebagai tuan rumah hajatan olahraga akbar di Indonesia itu, setelah mendengarkan pemaparan dari bidang-bidang Panitia Besar PON XX dan Sub PB PON di 4 klaster.

KONI DKI Jakarta yang diwakili Kepala Binpres, Khaeroni, berharap pelaksanaan PON XX nantinya dapat berjalan sukses dan melahirkan atlet-atlet daerah potensial.

“Kami rasa sudah tidak ada kendala lagi, mudah-mudahan Oktober nanti Papua bisa sukses menggelar PON XX dan melahirkan atlet-atlet nasional,” kata Khaeroni.

KONI Sumatera Utara yang diwakili Ketua Umumnya, John Ismadi Lubis, juga menyampaikan dukungannya. Menurutnya, walaupun masih ada sejumlah kekurangan, namun tuan rumah pasti akan bisa membenahinya sebelum pelaksanaan PON XX.

“CdM kedua ini kami mempersatukan persepsi terhadap hak dan tanggung jawab baik sebagai peserta maupun PB PON. Dan selama tiga hari CdM meeting saya yakin tuan rumah mampu dan tidak ada masalah lagi. Kami yakin PB PON akan membantu seluruh peserta dan menyelesaikan persoalan walaupun kalau ada permasalahan kami pun cukup siap untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi tapi kami doakan PON ini bisa kita sukseskan, dan saya yakin dengan tekad PB PON kita pasti sukses dan ketemu nanti di PON Sumut-Aceh,” kata Lubis. (*)

Editor: Jean Bisay

Artikel ini pernah terbit di jubi.co.id dengan judul KONI Jawa Barat komitmen dukung Papua sukseskan PON XX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *