KONI: Izin Kompetisi Olahraga Berdampak Buat PON Papua

KONI: Izin Kompetisi Olahraga Berdampak Buat PON Papua

PON bisa terselenggara jika kompetisi lain terlaksana

Jakarta, IDN Times – Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan izin kompetisi olahraga dari kepolisian dapat menjadi awal yang bagus untuk penyelenggaraan ajang olahraga nasional seperti PON 2021 di Papua.

Menurut rencana PON akan digelar pada Oktober 2021. Ajang ini dijadwalkan terselenggara pada 2020. Akan tetapi, akibat pandemik COVID-19, ajang ini tertunda hingga 2021.

“Apakah PON bisa dilaksanakan atau tidak, ya, tergantung kegiatan-kegiatan yang kita bahas ini,” kata Marciano dalam webinar bertajuk “Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi”, Rabu (3/2/2021).

1. Marciano mengajak semua pihak duduk bersama

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terselenggaranya PON Papua, juga berbagai kompetisi olahraga lain, pada akhirnya tidak lepas dari campur tangan pihak-pihak lain. Ada Satgas COVID-19 dan pihak kepolisian yang juga turut memberikan andil berupa izin dan rekomendasi.

Oleh karena itu, Marciano mengajak semua pihak duduk bersama membahas soal kelanjutan kompetisi ini. Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga menilai penghentian kompetisi olahraga bukanlah pilihan bijak.

“Kita tidak bisa pasrah, tidak melakukan apa-apa. Kita harus cari solusi supaya kita bisa melaksanakan semua ajang olahraga tersebut,” ujar Marciano.

2. KONI jabarkan opsi soal PON Papua

Acara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Marciano sebelumnya mengungkapkan ada beberapa alternatif yang bisa dipilih perihal penyelenggaraan PON Papua. Piihan pertama, PON bisa digelar tanpa penonton apabila pandemik COVID-19 di Indonesia masih belum mereda.

Pilihan terburuk, PON Papua bisa mengalami penundaan atau pembatalan. Pilihan ini bakal diambil ketika situasi pandemik COVID-19 di Indonesia memburuk dan tak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

3. Menpora siap bantu penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia

Zainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Kemenpora siap membantu cabang olahraga dalam hal penyelenggaraan kompetisi di masa pandemik COVID-19 ini.

Dalam acara webinar bertajuk “Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi”, Zainudin mengungkapkan siap berkomunikasi lebih lanjut dengan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, perihal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia.

“Tadi di Istana saya sudah ketemu Kapolri, satu dua hari ini saya segera berkoordinasi dengan beliau, dan beliau menyambut baik (soal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia),” ungkap Zainudin, Rabu (3/2/2021).

Sumber : https://www.idntimes.com/sport/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *