KETAHUI PERBEDAAN ANTARA SABLON DTF DAN POLYFEX

KETAHUI PERBEDAAN ANTARA SABLON DTF DAN POLYFEX

Kita tentunya sudah mengetahui sablon polyflex, jenis sablon yang paling sering di pakai untuk baju olahraga seperti jersey olahraga, meskipun begitu tidak jarang juga sablon polyflelx diterapkan pada kaos/sweater/jaket berbahan cotton.

Baju Jersey Baju Event POPNAS Papua Bahan Dryfit Putih

Sekilas mengenai sablon polyflex yaitu jenis sablon yang dicetak dengan teknik sablon digital. Sablon jenis ini merekat pada kain sehingga tidak mudah lepas dan lebih awet. Polyflex menggunakan bahan sejenis stiker yang elastis untuk merekatkan cetakannya.

Jika sudah dalam bentuk lembaran, langkah selanjutnya yaitu di potong menggunakan mesin cutting khusus yang sudah di setting sesuai desain. Setelah proses cutting selesai kemudian hasil potongan sablon polyflex diletakan pada pakaian sesuai keinginan barulah di press. Proses sablon polyflex ini pengerjaannya cenderung lebih simple dan cepat.

Baca juga: Mengenali Keunggulan Dan Kekurangan Sablon Polyflex

Sedangkan DTF (Direct Transfer Film) merupakan metode sablon yang menggunakan tinta khusus untuk mentransfer gambar keatas kertas film berupa lembaran atau gulungan yang kemudian ditaburi dengan lem bubuk sebagai perekat tinta sehingga menghasilkan gambar pada baju.

Teknik DTF bisa diterapkan pada segala jenis kain asalkan bahan kain tersebut tahan terhadap panas saat di press. Bahan kain yang direkomendasikan diterapkan menggunakan teknik ini diantaranya bahan cotton bamboo, cotton combed, kanvas, polyester, dll.

Setelah mengatahui apa itu polyflex dan DTF, sekarang Towa konveksi akan mengulas perbedaan mendasar diantara kedua sablon tersebut, diantaranya yaitu;

 Sablon Polyflex

  • Proses pengerjaan lebih simple dan cepat.
  • Biaya produksi lebih terjangkau
  • Warna polyflex tidak mudah pudar
  • Tidak tahan panas

Sablon DTF

  • Kualitas sablon lebih cerah.
  • Mampu menghasilkan texture dengan warna solid, lebih glossy, licin.
  • Hasil sablon DTF tidak mudah retak, tahan terhadap tarikan, elastis, tahan cuci dan tidak mudah luntur sekalipun di tes cuci dengan cara disikat / dikucek.
  • Tinta tidak bau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *