KETAHUI JENIS DAN FUNGSI BENANG UNTUK JAHIT PAKAIAN

KETAHUI JENIS DAN FUNGSI BENANG UNTUK JAHIT PAKAIAN

Dalam dunia tekstil yang berkenaan dengan produksi pakaian, benang menjadi salah satu faktor penting untuk menyambungkan lembaran kain menjadi berbentuk pakaian, selain itu benang menjadi penentu pakaian berkualitas baik, awet, tidak mudah lepas dan menarik. Maka dari itu perlu diperhatikan dalam pemilihan kualitas benang.

Ada beragam jenis benang, begitupun dengan bahan bakunya. Ada yang terbuat dari bahan alami seperti menggunakan bahan cotton atau kapas, sutra, bambu, wol, bulu alpaca, dll. Dan ada pula yang terbuat dari serat buatan atau polyester. Hal itu tentunya menghasilkan berbagai variasi benang yang memiliki karakteristik berbeda-beda dengan kegunaan fungsi yang berbeda pula, yang artinya satu jenis benang hanya bisa digunakan untuk proses produksi yang berbeda.

Towa Konveksi akan membahas beberapa jenis benang yang paling umum dipakai untuk menjahit pakaian seragam. Simak ulasan berikut mengenai jenis benang beserta fungsinya :

Benang jahit adalah jenis benang yang sengaja dibuat secara khusus untuk menjahit pakaian. Benang jahit umumnya terbuat dari serat alami seperti cotton hingga sutra. Jenis benang jahit pun dibedakan dari diameter benangnya serta jenis seratnya.

freepik.com

Benang bordir secara sekilas hampir sama dengan benang jahit, dari segi tekstur pun hampir sama. Untuk membedakannya, ciri khas warna benang yang digunakan untuk bordir lebih mengkilap dari benang biasa karena terbuat dari polyester. Benang bordir mempunyai banyak pilihan warna.

Benang obras merupakan jenis benang yang biasa dipakai untuk merapikan tepi kain supaya menjadi lebih rapi dan benangnya tidak terurai berantakan. Karakter benangnya lebih halus dibandingkan dengan benang jahit.

Benang karet adalas jenis benang yang terbuat dari getah karet yang sudah diproses sedemikian rupa, sehingga mampu menghasilkan benang yang tebal dan elastis. Bennang jenis ini sering diaplikasikan untuk mengerutkan pakaian seperti pada celana, baju pada bagian pinggang, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis benang yang paling umum dipakai di konveksi pakaian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Towa Help
Send via WhatsApp