FUNGSI DAN MANFAAT BAJU SERAGAM KOMISI PEMILIHAN UMUM

MENGETAHUI PROSES PRODUKSI KAOS PADA JASA KONVEKSI
July 30, 2020
ALASAN BAJU KAOS COCOK DIPAKAI UNTUK KEGIATAN AGUSTUSAN
August 13, 2020
seragam kpu, kaos kpu, baju kpu, baju panitia pemilu,

FUNGSI DAN MANFAAT BAJU SERAGAM KOMISI PEMILIHAN UMUM

Kita mungkin sering melihat pemakaian seragam dalam berbagai sisi kehidupan, seperti di sekolah maupun di tempat kerja. Seragam merupakan serangkaian busana yang telah ditentukan pemakainnya sesuai jadwal pada saat jam kerja berlangsung atau kegiatan lainnya. Setiap instansi pasti memiliki seragam yang berbeda-beda, sesuai dengan filosofi yang diyakininya. Salah satu instansti yang menetapkan pemakaian seragam untuk anggotanya adalah Komisi Pemilihan Umum.

Seragam yang digunakan oleh setiap instansi tentu saja berbeda. Ada yang berbentuk kaos ataupun kemeja. Pemakaian seragam tersebut harus sesuai dengan aturan yang ditentukan, bisa menurut hari atau event yang sedang berlangsung. Baju seragam juga bisa digunakan untuk membedakan posisi jabatan seseorang seperti ketua dengan anggotanya. Selain itu, fungsi utama seragam adalah menimbulkan rasa bangga akan kekeluargaan yang dimilikinya di tempat kerja.

Kaos Kerah Poloshirt Bahan Lacoste KPU ASMAT

Mengingat pentingnya baju seragam, maka kita tidak boleh asal dalam menentukan bahan kainnya. Penentuan bahan merupakan hal yang penting dalam membuat seragam yang harus disesuaikan dengan kondisi pemakaian seragam. Misalkan seragam sering digunakan di tempat yang terpapar matahari, maka dibutuhkan bahan yang warnanya tidak mudah pudar serta nyaman. Jika seragam digunakan di dalam ruangan, maka sebaiknya menggunakan bahan yang sejuk dan mudah menyerap keringat. Karena sebagian besar seragam KPU digunakan di dalam ruangan, maka bahan yang biasa dipakai adalah katun yang mudah menyerap keringat dan sejuk ketika dikenakan.

Beberapa Fungsi dan Manfaat Seragam Komisi Pemilihan Umum

Berbicara tentang seragam, Komisi Pemilihan Umum telah menentukan pakaian yang harus dikenakan anggotanya setiap hari. Seperti pada hari Senin memakai pakaian berwarna abu-abu, Selasa : kemeja putih dengan bawahan abu-abu, Rabu : Pakaian dinas berwarna coklat, Kamis : Kemeja Putih dengan bawahan abu-abu dan Jumat mengenakan baju batik. Untuk membedakan posisi jabatan yang diemban, KPU menetapkan bentuk pakaian dinas yang berbeda-beda. Lalu apakah fungsi seragam yang telah ditetapkan  KPU kepada anggotanya? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Menunjukkan Identitas PNS dalam melaksanakan tugas dan fungsinya

Sebagai lembaga yang bersifat nasional, KPU harus memiliki anggota yang memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Selain itu, anggota KPU juga harus seseorang yang sadar akan tanggungjawab yang diembannya dimanapun berada. Salah satu upaya Komisi Pemilihan Umum dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan menetapkan seragam untuk anggotanya.

  • Sebagai Sarana Pengawasan Pimpinan terhadap Pegawai

Seperti yang kita ketahui, bahwa seragam pimpinan memiliki model yang berbeda dengan pegawainya. Oleh karena itu, seragam KPU dapat digunakan sebagai sarana pengawasan dan penilaian secara berjenjang kepada pegawai. Pimpinan akan lebih mudah mengenali pegawainya dengan melihat seragam yang dikenakan.

  • Menumbuhkan Rasa Kebersamaan

Seragam erat kaitannya dengan kekompakan dan kebersamaan. Rasa tersebut muncul ketika kita melihat ada kesamaan antara diri kita dengan teman yang lain, salah satunya adalah pakaian. Dengan menggunakan seragam maka akan timbul rasa kekeluargaan dan kenyamanan yang akhirnya mempengaruhi kinerja menjadi lebih baik.

  • Memotivasi Kerja dan Memunculkan Mawas Diri

Baju KPU yang telah ditentukan selanjutnya diharapkan dapat menjadikan anggota KPU untuk memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja sehingga ketertiban dan disiplin dapat meningkat.  Disiplin yang dimaksudkan disini adalah dalam segala aspek salah satunya berpakaian. Selain itu, diharapkan mereka lebih berhati-hati dalam menjaga sikap dimana pun berada karena membawa nama baik Komisi Pemilihan Umum

Itulah beberapa fungsi seragam KPU yang menarik untuk diketahui. Setiap hal telah menjadi keputusan pasti memiliki makna yang baik. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan pemilihan bahan dalam membuat seragam agar nyaman saat dikenakan.

Kami produsen baju custom order Bandung. Towa Wear Industries yang beralamat di Jl. Pesona Antapani 1 No.17 Bandung, Jawa Barat Indonesia 40282. Untuk informasi dan pemesanan jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui telepon di (+62) 22 87771999 atau (+62) 813-2480-0858 dan+62 878-8959-5758.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *