FAKTA MNEARIK KANCING PADA PAKAIAN YANG JARANG DIKETAHUI

FAKTA MNEARIK KANCING PADA PAKAIAN YANG JARANG DIKETAHUI

Kancing adalah salah satu aksesoris atau pemanis pakaian, yang umumnya di aplikasikan  pada baju berkerah, jaket hingga celana. Fungsi utama kancing yaitu untuk mengikat atau merapatkan daun pintu pakaian sehingga bisa tertutup.

Ada fakta menarik dari kancing pakaian lho, tetapi jarang diketahui banyak orang. Penasaran apa saja?

Berikut fakta menarik tentang kancing yang telah Towa Konveksi rangkum, agar bisa kamu menambah pengetahuanmu tentang kancing, simak yuk.

Pada tahun 2000 SM, kancing yang terbuat dari cangkang kerang sudah dikenal sebagai ornamen di Peradaban Lembah Indus. Beberapa di antara kancing-kancing tersebut diukir menjadi bentuk-bentuk geometris dan dilubangi sehingga dapat dijahit pada pakaian dengan memakai benang.

 

Kancing tertua ditemukan di situs arkeologi Kebudayaan Lembah Indus di Mohenjo-Daro. Kancing tersebut dibuat dari cangkang kerang bergelombang, dan diperkirakan berusia sekitar 5.000 tahun.

Pada abad ke-13 pemakaian kancing semakin meluas seiring dengan kepopuleran busana yang pas badan. Pada abad ke-14, kancing baju mulai populer di negara Eropa. Dibuat dari beraneka bahan seperti perak, baja, tembaga, timah, nikel, dan perunggu. Pada abad ke-17, pakaian berkancing hanya dimiliki oleh orang-orang kaya.

Female fashion designer is selecting buttons for her new dress.

Ada perbedaan posisi antara kancing baju pria dan wanita. Hal ini pun ada sejarahnya, konon letak posisi lubang kancing baju disesuaikan dengan pemakainya. Pada masa penciptaannya dulu wanita biasa memakai baju sendiri maka akan lebih mudah jika letak lubang kancingnya di sebelah kanan. Sedangkan pada pria mereka akan selalu dipakaikan oleh wanitanya sehingga letak lubang kancing baju pria ada di sebelah kiri.

Tailor tools isolated on textile background

Sejarah awal penggunaan kancing pada pergelangan tangan baju sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1700-an ketika Prusia diperintah oleh Raja Friderich Agung, dimana kancing masih terbuat dari kerang atau benda keras. Tujuan awalnya yaitu untuk mengurangi kebiasaan buruk para tentara yang biasa menyeka keringat menggunakan ujung lengan baju yang menyebabkan kotor.

Baca juga : Fakta Menarik Sejarah Baju Koas Promosi

Nah itu dia fakta menarik dari kancing. Ternyata benda kecil pada pakaian kita mempunyai sejarah panjang yang menarik ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Towa Help
Send via WhatsApp