FAKTA MENARIK SEJARAH BAJU KAOS PROMOSI

FAKTA MENARIK SEJARAH BAJU KAOS PROMOSI

Promosi dilakukan untuk bermacam-macam tujuan yang bisa dilakukan oleh siapapun seperti lembaga, intitusi, perushaan, kelompok, maupun personal.

Secara umum kegiatan promosi bertujuan menginformasikan, menyebarluaskan, menawarkan suatu jasa atau produk yang bersifat persuasif, sehingga kegiatan, jasa, atau produk dapat diketahui oleh khalayak luas.

Saat ini ada beragam cara berpromosi, bisa dengan berbicara secara langsung di depan umum atau dengan menggunakan bantuan media yang kebanyakan sekarang dilakukan secara online (media sosial, marketplace, google ads, forum online, email marketing, dll). Meski begitu masih ada  juga yang menggunakan media offline seperti pemasangan banner hingga baju kaos untuk menunjang kegiatan promosi. Bahkan saat ini baju kaos promosi masih menjadi madia utama untuk kampanye pemililhan umum, pilkada daerah, pemilu capres cawapres, dan kegiatan partai politik.

Sejak abad ke-19 baju kaos mulai dikenal dan meskipun mempunyai model simple ternayata baju kaos sudah lama dijadikan sebagai media untuk menunjang kegiatan promosi.

Towa Konveksi  sudah merangkum fun fact mengenai sejarah baju kaos promosi yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut fakta menariknya:

 

  • Tahun 1920, Istilah t-shirt pertama kali muncul yaitu di kamus Merriam-Webster. Pemakaian nama T-shirt karena bentuk kaos menyerupai huruf “T”.

  • Tahun 1939, baju kaos promosi pertama dicetak untuk mempromosikan film “The Wizard of Oz”.

  • Tahun 1942, contoh lain kaos cetak pertama adalah yang terpampang pada cover majalah Life edisi 13 Juni 1942, yaitu bergambar tentara berpakaian t-shirt yang dihiasi dengan logo Army Air Corps Gunnery School.

  • Tahun 1950, Tropix Togs perusahaan pertama yang memproduksi t-shirt polos dengan menambahkan desain karakter/ikon-ikon dan slogan di awal tahun 1950-an. Setelah itu T-Shirt menjadi terkenal sebagai bagian dari budaya pop dan merek dagang yang menjanjikan sampai sekarang. Tropix Togs juga perusahaan pertama yang mendapatkan lisensi dari Walt Disney untuk menuangkan karakter Disney seperti Mickey Tikus pada kaos.

  • Tahun 1950, penampilan Marlon Brando di film A Streetcar Named Desire, membuat kaos promosi menjadi satu bagian dari keluarga mode dan tidak lagi digunakan sebagai baju dalaman.

  • Tahun 1960, seiring dengan panasnya situasi politik Amerika saat itu, kaos dengan pemimpin Marxis yang juga pemimpin gerilya, Che Guevara menjadi salah satu simbol utama situasi saat itu.

  • Tahun 1970, kaos cetak tertua institut Smithsonian menjadi bagian dari kampanye presiden dari gubernur New York, Thomas E. Dewey, dengan tulisan “Dew-It with Dewey” di kaosnya.

  • Tahun 1970 juga menandai lahirnya kampanye “I<3 New York”, yaitu kampanye merek T-Shirt yang disuarakan oleh departemen Perdagangan untuk merubah kesan kota New York dari kekumuhan, keterbelakangan, sumber kriminal menjadi kota tujuan wisata yang ramai. Usaha ini berhasil dan menjadikan industri t-shirt berkembang pesat dan menjadi salah satu desain yang paling berkembang dalam sejarah.
TOWA KONVEKSI KAOS PARTAI
  • T-shirt logo Rolling Stone dengan lidah dan mulut, kaos dengan I ♥ N Y, dan kemeja senyum (wajah bundar kuning bundar yang lebar) semuanya dibuat dan dirancang untuk pertama kalinya di tahun 70an.

  • Tahun 1983, Perancang Inggris Katharine Hamnett adalah pelopor T-shirt dengan slogan yang hebat dan mencolok. Desain ini pertama kali muncul di tahun 1983.

Tertarik membuat seragam kaos untuk promosi? Lagsung saja hubungi bagian layanan pelanggan Towa Konveksi melalaui nomer telepeon/Whatsapp di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Towa Help
Send via WhatsApp